Cornet Beef Bruschetta

Kapanlalu saya sempat memposting hasil re-cook dengan modifikasi dari salah satu resep margarin Blue Band, yaitu sandwich goreng isi kornet (kalau mau lengkapnya bisa dibuka resepnya di sini). Nah, karena saya masih punya persediaan roti Perancis atau Baguette hingga pagi tadi dan bosan dengan garlic bread, saya sengaja memodifikasi itu baguette supaya terlihat cantik dengan topping kornet dan keju parut. Suami saya sempat komen sih, katanya 'ini lebih mirip canape ya jadinya?' sambil mulutnya sibuk mengunyah baguette. Hahaha, iseng, saya googling dan memang penampakannya jadi lebih mirip Bruschetta.

Bruschetta adalah antipasto di kawasan Italia yang pertama kali ditemukan pada abad ke-15. Bahan utama makanan ini ialah roti. Bahan utamanya adalah roti yang dipanggang, bawang putih, minyak zaitun, garam, dan lada. Roti Bruschetta dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah itu diberi mentega dan bawang putih. (sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).

Belakangan, banyak bruschetta yang toppingnya sudah banyak dimodifikasi sedemikian rupa, mulai dari berbagai macam sayuran hingga ikan, ayam, sapi, dan ham. Seperti punya saya, yang saya kreasikan sendiri dengan kornet. Berhubung (menurut suami) kornet di Indonesia tidak ada yang rasanya sesuai dengan lidahnya, makanya topping kornetnyapun sengaja saja modifikasi sedemikian rupa. Berikut resepnya:

Bahan:

  • 1/2 bagian Baguette, potong melintang
  • 1/8 bagian bawang bombay, cincang.
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 100 gram kornet
  • 1/3 bagian wortel, potong kubus kecil-kecil
  • 5 batang jamur shimeji, cincang kasar (optional)
  • 1 sdm olive oil untuk menumis
  • Keju cheddar parut secukupnya (boleh juga pakai quick melt)
  • Garam, lada, parsley dan kaldu sapi secukupnya
Cara membuat:
  • Panaskan 1 sdm olive oil, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan bawang bombay, tumis hingga berubah warna. Masukkan jamur dan wortel, tumis hingga layu.
  • Bumbui dengan garam, lada, dan kaldu sapi. Masukkan kornet, aduk-aduk rata dan masak hingga matang. Sisihkan.
  • Oles adonan kornet ke atas baguette, taburi dengan keju parut dan parsley. Panggang dengan oven (saya pakai toaster) hingga kecoklatan. Sajikan.


Tertarik mencoba?

Comments