Tips Mengocok Whipped Cream Cair

Mulai post ini dan mungkin seterusnya, konten yang saya tulis akan sama dengan konten yang saya unggah di Cookpad. Bagaimanapun, saya belajar banyak dari master-master Cookpad. Dan mulai dari sanalah saya mulai menyukai dunia masak-memasak. Saya memutuskan untuk kembali menulis di halaman ini untuk menyemangati diri saya sendiri, bahwa pengetahuan itu akan lebih baik jika disebarluaskan. Memang tidak banyak yang saya tahu, tapi siapa tahu ada beberapa orang di luar sana yang membutuhkan informasi yang saya bagikan.

Oh ya, mari kita kembali ke topik.

Sebenarnya tidak ada rahasia khusus untuk menghasilkan whip cream yang gurih, lembut, enak, tapi tidak eneg. Jawabannya tentu saja pakai heavy cream atau whip cream cair atau krim kental (sama saja sebenarnya, sebutannya saja yg bisa bermacam-macam). Nah, karena whip cream cair rasanya tawar, maka dalam proses pengocokan perlu ditambahkan gula halus dan vanilla (optional). Takaran yg pas menurut saya adalah 3:1, artinya setiap 3 bagian krim, pakai gula 1 bagian. Misalnya kalau pakai krim 3 cup, berarti gulanya 1 cup. Manisnya pas dan tidak eneg, menurut saya.

Yang saya mau bagikan di sini sebenarnya adalah tips dan trik untuk membuat whip cream itu sendiri. Bukan kenapa-kenapa, soalnya saya sudah sering gagal dalam proses pembuatannya dan membuat saya stress pingin banting mikser saking kesalnya. Lah bayangkan saja, kalau kurang kocokan maka heavy cream akan tetap encer dan tidak terbentuk krim, sedangkan jika mengocoknya terlalu semangat sampai over whip, maka krim akan terpisah dan membentuk gumpalan mentega. Melihat bahan dasar yaitu heavy cream yang harganya mahal (100ribu per liternya di Supermarket sini), pasti bakalan down kalau gagal, kan? Tapi percayalah, setelah jadi, siapapun alan setuju kalau whip cream dari heavy cream jauhhhh lebih enak jika dibandingkan dengan whip cream yang terbuat dari whip cream bubuk.

Tips di bawah ini berdasarkan eksperimen pribadi dan semoga bermanfaat buat ibu2 Cookpaders yang masih menimbang-nimbang akan membuat whipping cream.

Bahan- Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

- 3 Cup krim kental
- 1 Cup Gula halus
- Sejumput garam
- 1/2 sdt Vanila essence

Cara Membuat berikut tips:
1. Bagi yang belum tahu seperti apakah penampakan whipped cream, maka berikut inilah penampakannya. Ada banyak merk di pasaran, seperti elle & virre, Anchor, Millac, dan sebagainya.



2. Jangan pelit menuang heavy cream. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pakai sekitar 100 ml krim kental dan tidak mau mengembang. Minimal pemakaian menurut saya adalah 200 ml. Kalau dilihat di pasaran juga, kemasan paling kecil untuk krim kocok ini adalah 200 ml.

3. Pakai stainless steel bowl. Ini juga penting. Sebelum eksekusi, simpan bowl kosong ini kedalam freezer dan pastikan suhunya sangat dingin saat hendak dipakai. Salah satu faktor gagal dalam pembuatan whipping cream ini adalah suhu krim yang menghangat saat proses pengocokan. Bowl dari stainless steel dinginnya lebih tahan lama jika dibandingkan dengan bowl yang terbuat dari plastik. Sedangkan dalam proses pengocokan, juga akan menghasilkan panas yang menyebabkan suhu krim naik, sehingga krim ngambek gak mau ngembang saat dikocok.



4. Kalau perlu, simpan juga whipping cream di dalam freezer. tak perlu lama, sekitar 5-7 menit saja cukup untuk membuat suhunya cukup dingin.

5. Jika suhu ruang lumayan panas, siapkan juga baskom lain dan beberapa buah es batu. Lalu letakkan stainless bowl dan whip cream cair dan mulailah mengocok di tas baskom es tadi. Fungsi dari baskom berisi es ini tentu saja untuk menjaga suhu krim supaya tetap dingin dan lebih cepat kaku saat dikocok.

6. Campur semua bahan dan mulailah mengocok dari speed paling rendah dan perlahan-lahan naikkan kecepatan ke speed tertinggi. Saat adonan sudah mulai kaku dan jika kom dibalik adonan tidk jatuh, maka STOP. jangan sampai overwhip atau krim anda akan segera berubah menjadi mentega.


7. Setelah diaplikasikan ke kue, segera simpan di dalam lemari es, karena whipping cream akan sangat mudah mencair dalam suhu ruang.

Kedengarannya lumayan ribet ya bu ibu? Tapi percayalah repotnya sepadan dengan raanya. Gak heran di bakery bakery kue yang memakai whip cream ini harganya mahal-mahal. tak ada salahnya mencoba sendiri di rumah. Modalnya memang agak besar, mungkin sama dengan harga kue yang sudah jadi, tapi kepuasan pribadi menurut saya lebih mahal harganya. Dan lagipula, 1 liter cream hasilnya banyakkk...jadi bisa buat banyak kue dan dibagikan ke tetangga. Selamat mencoba!

Comments

  1. Mba, mau tanya, whipping cream nya kalau udah jadi nanti di suhu ruang tetap mencair ga ya?

    ReplyDelete
  2. KALau udh jadi mentega bisa balik lagi ke cair nggk ya kak?

    ReplyDelete
  3. Sy td baru aja ngocok pake mixer whip cream cair merk anchor n gagal, slain wadahnya yg ga dingin, sy jg over whip jd whip creamnya berubah ngegumpal kyk mentega & berair.. Hiks.. Semoga ke depan nya bs berhasil kocok whip cream cair ini.. Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pernah mengalami hal yg sama , beruntung ny sy pnya sisa butter cream , trial error sy campurkan ke adonan whipping cream achor daaaann akhirny jadi lah cream lembut... cukup tertolong ...

      Delete
  4. Oh, pantes setiap saya bikin whiping cream pasti cair, ngocok terlalu over, dan mungkin ini tips yg sangat tepat dan wow, ,jadi saya di sini bisa mengerti mengocok whiping cream bawah nya bowl harus di beri es batu ,ok makasih mbk anna atas mau bagi pengalaman kocok whiping cream !👍

    ReplyDelete
  5. Barusan praktekin. Bacanya atas doang. Kocok sampe cakep ga over whip. Abs tu pas poles ke atas kue saya bengong sndr krn whip meleleh. Duhhh apa yg salahhhh. Sampe saya balikin lg ke kulkas supaya lebih dingin. Trs keluarin lg poles ulang. Better tp still bag dasar meleleh. Saya pikir gagal. Tp saya baca ulang smp abis.. ternyata memang begitu ya?

    ReplyDelete
  6. Halo, sy mau tanya apa sisa dr whipped cream cair bisa di simpan di frezer? Thkyou😊

    ReplyDelete
  7. Kak ana,gimana cara mengatasi whipping cream yg menggumpal dan berair,apa bisa diperbaiki lgi,trus caranya gmn? Mohon bantuannya 🙏

    ReplyDelete
  8. Klo yg sdh di kospk trs jd mencair bs megembang lg ga klo di mixer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sisa adonan jd mencair knp ya,,, klo sdh mencair gt msh bs di mixer ulang ga jd kental lg

      Delete
  9. Ternyata sy tdk sendirian yg gagal mengocok whipping cream.. Hiks. Trus hasil kegagalan dimanfaatin jg apa

    ReplyDelete
  10. Nice aku bikin gak Gagal lg thanks for the tips

    ReplyDelete
  11. Barusan bikin roll cake crt nya mau pake whipped cream utk olesan nya.pas ngocok whp crm nya ga mau jadi alias encer .bingung hrs diapain akhiirny ku buang ..aku ga dinginkan wadah ..baru tau kesalahan nya disitu

    ReplyDelete

Post a Comment