Beef Lasagna

Sebenarnya sudah lama sekali ingin membuat beef lasagne ini, namun karen banyaknya alasan, jadilah belum keturutan.
Untuk beef lasagne sendiri ada empat komponen yang perlu disiapkan, yaitu:
1. Lasagne itu sendiri. Hubby saya brand minded kalo soal pasta-pastaan. Bukannya ngiklan, tapi memang merk Barilla yang paling yahud. San remo buatan Australia (kalau tidak salah ya..) atau merk La Fonte yang jamak ada di supermarket itu bisa juga dipakai. Sesuai selera lah ya...



Lasagne memang bahan utama yang diperlukan, tapi saran saya mempersiapkan Lasagne adalah hal terakhir yang dilakukan. Alasannya, karena Lasagne mudah hancur kalau sudah direbus, dan seringkali lengket dan susah sekali dipisah. Kalaupun terlanjur lengket, tuangi air untuk melepaskannya namun cara ini kurang dianjurkan karena air akan membuat lasagne yang sudah direbus tadi menjadi lembek dan berair. Paling bagus jika (mau repot) merebus lasagnenya satu persatu dan langsung ditumpuk di loyang begitu selesai direbus supaya bentuknya bagus. Namun buat saya sendiri, kok repot ya, orang kalau ditumpuk-tumpuk dengan daging dan keju dan dibakar nantinya, toh cara makannya juga dipotong kan?

2. Komponen kedua yang harus disiapkan adalah saus daging.Bahan dan cara membuatnya sebenarnya sama dengan saus spaghetti. resepnya sudah ada saya posting sebelumnya disini. Hanya saja saya menambahkan jamur kancing, wortel, dan karena kebetulan ada smoked ham yang jarang disentuh di kulkas, ya jadilah saya masuk-masukin saja. 









3. Saus putih
Saus putih ini sangat serbaguna karena umum sekali dipakai di sajian pasta yang banyak ragamnya. Bahan yang dibutuhkan hanya:
- 1 sdm butter
- 3 sdm tepung terigu
- 250 ml susu cair

Cara membuatnya:
Lelehkan butter, masukkan terigu sedikit demi sedikit dan aduk hingga menggumpal. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi licin. Tambahkan garam dan merica untuk menambah rasa. Masak hingga mengental.


4. Lapisan keju.
Sebenarnya keju yang dipakai untuk lasagne pada umumnya adalah keju ricotta, namun berhubung malas belanja, saya hanya menggunakan keju cheddar saja. Padahal kalau ada keju quick melt atau mozzarella akan lebih bagus lagi. Keju tinggal diparut di lapisan teratas tumpukkan lasagna, namun kalau suka boleh juga setiap lapisan dilapisi dengan keju juga.

Penyelesaian:
Susun berurutan dalam loyang, lasagne, saus daging, white sauce, lalu keju. tumpuk lagi dengan lasagne, daging, saus putih, dan keju hingga adonan habis. Lapisan paling atas tentunya lapisan keju. Tutup dengan aluminium foil dan panggang selama 20 menit. Untuk mempermanis tampilan, panggang sekali lagi selama 5 menit tanpa aluminium foil untuk topping yang cantik.










Mudah bukan?

Selamat mencoba!


 

Comments

  1. mba mau tanya, gimana cara rebus kulit lagsana nya supaya ga pecah ketika direbus. saya sudah coba berkali-kali tapi tetap pecah. makasih mba sebelumnya

    ReplyDelete

Post a Comment