Spaghetti Bolognese With Sausages

Jamannya masih sekolah, saya demen banget dengan yang namanya spaghetti instan La Fonte. Tinggal masak spaghettinya dan tuang sausnya, jadi deh. Namun, seiring berjalannya waktu, karena keseringan makan spaghetti yang 'sungguhan', spaghetti instan bagi saya sekarang gak enak-enak banget. Apalagi sejak ada hubby yang sotoynya kumat setiap kali ngomongin masakan Italia, saya banyak belajar dari dia improvisasi dari spaghetti yang 'biasa-biasa saja' menjadi spaghetti 'suka-suka saya'. Hahahaha!

Saya juga baru tahu kalau spaghetti itu ternyata ada nomor-nomornya. Mulai dari angka 1 hingga 17. Namun dari beberapa angka tersebut, hanya angka 5-lah yang disebut bsebagai spaghetti. Angka-angka yang lain, ternyata memiliki nama-nama tersendiri. Berikut ini daftarnya:
1. Capellini : Nomer 1, disebut juga angel's hair, ketebalan sekitar 0,6mm
2. Spaghettini : Nomer 3, ketebalan 0,8 mm
3. Spaghetti : Nomer 5, ketebalan 1,1 mm
4. Vermicellini : Nomer 7, ketebalan 1,3 mm
5. Vermicelli : Nomer 8, ketebalan 1,7mm
6. Bucatini : Nomer 9, ketebalan sekitar 1,9 mm
7. Bavettine : Nomer 12, ketebalan sekitar 2,1mm
8. Bavetti : Nomer 13, ketebalan sekitar 2,3 mm

Variasi masakan dari spaghetti-spaghetti tersebut juga bermacam-macam, namun dari banyak variasi tersebut, yang paling cocok di lidah saya ya spaghetti bolognese. Dengan sedikit improvisasi ala hubby saya, spaghetti buatan dia bagi saya adalah spaghetti terbaik di dunia (sengaja saya puji, biar saya dibikinin lagi.. Nyummy!). Dan berikut ini resep hasil ngintip dia di dapur:

Bahan:
- 200 gram spaghetti merk Barilla (menurut dia spaghetti merk itu yang paling enak), nomornya terserah-Favorit saya yang nomer 30 rebus hingga aldente, tiriskan.
- Saus spaghetti bolognese botolan merk Del monte (boleh juga pakai yang merk La Fonte, atau bikin sendiri)
- 1 butir bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar.
- 3 siung bawang putih, cincang.
- 100 gram jamur kancing, potong melintang
- 100 gram pasta tomat
- 5 buah sosis sapi (boleh diganti dengan 200gr daging cincang)
- 2 buat tomat segar, potong masing-masing menjadi 4 bagian
- 2 lembar bay leave kering
- 1 sdt oregano
- 1/2 sdt Lea & perrin (optional)
- 1 sdt tabasco sauce (optional)
- Garam dan merica

Cara membuatnya:
- Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bawang bombay. Tumis hingga layu.
- Masukkan sosis, jamur dan tomat. Tumis sebentar.
- Masukkkan saus bolognese, bay leave, oregano, garam dan merica. Tambahkan pasta tomat, lalu aduk rata.
- Masukkan Lea Perrin dan tabasco, masak hingga jamur matang. Angkat.
- Tuang ke atas spaghetti dan siap disajikan.
Hasilnya kira-kira seperti ini:




Jika masih ada sisa saus spaghetti, masukkan ke dalam toples kedap udara dan simpan di dalam freezer. Lumayan bisa untuk olesan toast untuk sarapan pagi. Tinggal dimasukkan ke dalam microwave untuk mendefrost. Contohnya bisa dilihat di sini

Gampang kan ya?

Comments