Resep Mozarella Gagal

Jadi ceritanya saya sedang bereksperimen dengan mencoba resep-resep baru yang lumayan viral di internet sebagai lifehack, atau membuat suatu bahan menjadi versi KW-nya. Saya tertarik mencoba membuat mozarella KW. Kebetulan, saya sedang ingin membuat pizza namun keju mozarella di toko terdekat sedang kosong. 

Jika keju mozarella betulan memakai susu dan rennet (ragi untuk keju) sebagai bahan dasarnya, maka versi KW yang saya coba menggunakan keju parut, susu cair, dan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya. Tepung tapioka memang mulur jika ditambahkan cairan dan dipanaskan, jadi saya rasa tak ada salahnya mencoba. 

Takaran resepnya adalah sebagai berikut:
60gr tapioka
400ml susu cair
170 gr keju parut.

Cara membuatnya cukup mudah, tinggal campurkan ketiga bahan tadi lalu panaskan sambil aduk-aduk hingga mengental. Seperti yang sudah saya duga, ketika kanji mulai masak adonan menjadi mulur. Lumayan meyakinkan sih ini, rasanyapun ngeju banget tidak seperti mozarella yang lebih plain. 







Saya lalu mengolah pizza dan masih excited dengan keju KW yang telah saya buat tadi. Tapi eh tapi, keju KW tadi rupanya menjadi padat saat didinginkan. Saya potong-potong dan susun di atas pizza. Saya jadi ragu, apakah kalau dioven bisa meleleh lagi ya?




The moment of trurth. Saat yang dinantikanpun tiba. Keju KW yang dipanggang tidak bisa mencair kembali, tetap padat seperti semula!



Kesimpulan:
1. Keju KW ini memang mulur saat pemasakan awal, namun saat didinginkan akan menjadi padat. Teksturnya hampir mirip cilok. Jadilah, meski pizza saya tidak gagal-gagal amat karena rasanya masih enak, saya habis diledek adik saya yang komentar katanya baru kali ini ada pizza topping cilok. Hahaha!

2. Meskipun tidak cocok untuk pizza, bisa dicoba untuk makanan jenis lain, misalnya mozarella goreng. Caranya potong-potong keju KW, balurkan ke telur, lalu ke tepung panir, dan goreng sampai matang. Saya sendiri belum pernah coba ya, jadi silahkan dicoba sendiri.

3. Terlanjur buat nih. Masa dibuang? Saya sempat berfikir begitu, tapi saya urungkan. Saya lalu membuat bechamel sauce dan mencampurkan keju KW ini ke dalamnya. Caranya, lelehkan butter, taburkan sedikit tepung terigu dan aduk hingga kalis. Tambahkan susu secukupnya, parutan keju, dan potongan keju KW ini. Masak hingga mengental. Adonan tidak lagi mulur, dan bechamel sauce ini bisa dipakai untuk olesan pizza dengan jamur, saus pasta, atau topping macaroni panggang. 

Mau coba?

Comments

  1. Lah saya malah ga bisa padat minšŸ˜­ padahal mau bikin sosis mozarellašŸ˜­

    ReplyDelete
  2. daegedoeto Dawn Williams link
    selfderlome

    ReplyDelete

Post a Comment