Pizza Lembut No Timbang-Timbang

Anak merengek minta pizza dari kemarin. Mau buat pizza, tapi kok timbangan yang saya order online belum sampai juga. Baiklah, sayapun meraba-raba kembali membuat pizza tanpa mengandalkan timbangan. Alat yang saya pakai ukur-ukur, tentu saja cup magic com yg isi 160 ml itu. Hahaha!




Base pizza sebetulnya mudah saja. Hanya tepung terigu, ragi, air, garam, dan minyak. Tepung yang dipakai seharusnya yang jenis protein tinggi seperti tepung cakra kembar. Tapi tak apalah saya hanya punya terigu serbaguna. Karena tidak memakai telur atau mentega, saya bereksperimen menggunakan ubi rebus supaya teksturnya pizza lebih soft. Jika tidak mau pakai ubi/kentang rebus juga tidak apa-apa. Skip saja ya.




Baiklah, berikut ini resepnya.
Bahan:
2 cup terigu
1 potong ubi rebus, haluskan
1 sdt ragi
1 sdt gula
1/2 sdt garam
30 ml minyak goreng

Topping dan pelengkap:
Keju, sosis, saus pizza, bawang bombay, jagung manis frozen, atau yg lain sesuai selera.

Cara membuat:
1. Campur terigu dengan ubi halus, gula, dan ragi. 



2. Tambahkan air dan aduk dengan garpu hingga menggumpal.



3. Tambahkan minyak dan garam, uleni hingga kalis.



4. Bagi adonan menjadi 2, pipihkan. Biarkan mengembang. Kira-kira15-30 menit.



5. Tusuk-tusuk dengan garpu, olesi saus, lalu tambahkan topping sesuai selera.





6. Panggang dalam oven suhu 260 derajat (suhu maksimal oven saya) selama 12-15 menit.
Beginilah hasilnya;






Selamat mencoba!

Comments