Pizza Frozen

Suka makan pizza tapi malas kalau harus bikin setiap kali kepingin? Saya juga begitu, biasanya saya pakai resep pizza dough yg tanpa ulen supaya praktis. Kali ini saya mencoba membuat pizza yg diuleni, resep dari mba Nikmatul Rosidah. Resep saya ini cuma setengah resep aslinya. Jadi 2 loyang ukuran large kalau agak tebal seperti punya saya. Kalau buat tipis bisa jadi 2 large dan 1 medium. Oh ya pizza dough ini tipe american style ya, jadi bukan tipe yg crust-nya tipis macam Italian.



Bahan-bahan

  1. 300 gram terigu cakra
  2. 175 ml air
  3. 1/4 sdt gula
  4. 30 ml minyak goreng
  5. 1 sdt ragi instan
  6. 1/2 sdt garam
  7. Topping sesuai selera (saya pakai peperoni, mozzarella dan saus pizza biasa)

    Cara Membuat:
    1. Larutkan air, gula dan ragi. Istirahatkan 10 menit hingga berbusa. Dalam baskom masukkan terigu dan air ragi, uleni hingga agak kalis. Masukkan minyak sedikit demi sedikit, lanjut uleni hingga adonan menjadi elastis. Bulatkan, lapisi baskom dengan sedikit minyak, lalu istirahatkan hingga mengembang 2x lipat. bagi adonan jadi 2 atau 3, bulatkan. Tusuk2 dengan garpu, biarkan mengembang kembali.




    2. Panggang pizza yg telah mengembang tadi dalam oven suhu 200 derajat selama 5 menit. Olesi saus, lalu beri topping. Jika mau dipanggang langsung, panggang sekitar 20 menit suhu 200 derajat atau sampai keju meleleh sempurna. Jika mau disimpan di freezer, tinggal dibungkus plastik wrap dan masukkan ke dalam freezer.



    3. Cara memanggang pizza beku, pizza dikeluarkan dr freezer lalu biarkan di suhu ruang 10 menit. Lanjut panggang 200 derajat 20 menit smpai matang

Comments