Nasi Ayam Jamur

Jika sedang flu, biasanya saya suka masak nasi ayam jamur ini. Selain lezat, masaknya super gampang, bumbunya minimalis tapi rasanya maksimalis, setiap suapan bernutrisi karena ada ayam dan jamur. All in one type of food!




Untuk jamurnya, saya menggunakan jamur shimeji. Jenis jamur lainnya yang enak dimasak model ini adalah jamur shiitake dan king oyster.  Jamur enoki sebetulnya juga bisa, tapi saya pribadi kurang suka karena terlalu berserat. Oh ya, bagi yang belum tahu, berikut penampakan jamur shimeji.




Dan berikut resepnya:
Bahan:
1 cup beras, cuci bersih
4 potong paha ayam beserta kulitnya, gosok kulitnya dengan garam lalu cuci bersih
1 pak jamur shimeji, potong-potong
2 lembar daun pandan, simpulkan
2 siung bawang putih, geprek
1 ruas jahe, iris
1 sdm margarin untuk menumis
Garam, kaldu bubuk, lada, minyak wijen, saus tiram secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih, jahe dan pandan hingga harum.




2. Masukkan ayam, masak hingga permukaannya berubah warna.




3. Masukkan beras beserta garam, kaldu, lada, dan saus tiram. Aduk rata. 

4. Tambahkan air secukupnya. Banyaknya disesuaikan dg jenis beras yang biasa dimasak ya. Misalnya biasa masak nasi putih dari 1 cup beras dengan 1 cup air, maka untuk masak nasi ayam jamur ini pakai airnya 1 cup saja.
5. Tambahkan jamur shimeji, lalu aduk lagi. Cicipi, jika sudah pas bisa langsung dituang di bowl rice cooker lalu dimasak di rice cooker seperti biasa.




6. Jika sudah matang, tambahkan minyak wijen secukupnya, dan aduk lagi.




7. Hidangkan panas-panas.

Jika perlu saus untuk cocolan ayam, cara membuatnya dengan mencampur kecap asin, kecap manis dan minyak wijen di piring dengan perbandingan 2:2:1. Jika ingin pedas, bisa pakai chili oil. Selamat mencoba!

Comments