Mini Springroll Best Seller

Pertama kali membuat springroll ini demi menyembunyikan sayur supaya anak saya yang balita mau makan sayur. Dia suka segala sesuatu yang kriuk-kriuk tapi menolak segala jenis sayuran apalagi yang wujudnya jelas terlihat. Itu dulu, ya. Sekarang ini dia sudah bisa makan sayur, tak perlu disembunyikan lagi.



Belakangan, ada teman dekat yang suka main ke rumah. Karena mendadak, saya tidak mempersiapkan camilan khusus. Kebetulan saya masih punya springroll ini. Yasudah, iseng saya suguhkan springroll. Langsung tandas kurang dari 5 menit. Setelah itu mereka malah order versi frozennya supaya bisa goreng kapan saja mereka mau. Cerita hampir serupa juga terjadi saat adik saya membawa springroll ke tempat kerjanya. Awalnya hanya bagi-bagi, tapi teman-temannya malah minta dibuatkan. Sejak itu, saya jadi punya sampingan jualan springroll, meski tidak semua permintaan bisa saya kerjakan karena keterbatasan waktu dan tenaga.

Resepnya saya share di sini, siapa tahu ada yang sedang membutuhkan ide jualan. Springroll ini bisa menjadi salah satu pilihan karena sekali gigit, akan susah sekali berhenti. 

Bahan:
2 pak kulit lumpia merk Finna atau TYJ, masing-masing isi 50 lembar
200 gr ayam giling
1 buah wortel, iris korek api
5 lembar daun kol, iris-iris
1 genggam jagung manis
2 siung bawang putih, cincang halus
Sedikit minyak untuk menumis
Garam, gula, merica, kaldu bubuk, dan saus tiram secukupnya




*Jenis sayur bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk ayam, jika tidak ada yg giling, bisa pakai ayam biasa dan dicincang sendiri.




Cara membuat:
1. Panaskan minyak (atau margarin), tumis bawang putih hingga harum.
2. Masukkan ayam giling dan tumis hingga ayam berubah warna.
3. Masukkan semua sayuran dan bumbui. Aduk rata, lalu masak hingga matang. Biarkan 



4. Setelah dingin, roll satu persatu dengan kulit lumpia, caranya seperti gambar berikut. Supaya rekat, olesi dengan air.



5. Lakukan hingga habis, dan bekukan.



6. Spring roll bisa digoreng kapan saja. Selamat menikmati!

Comments