Sambal Tomat

Semalam saya dipameri foto lalapan komplit yg sedang dinikmati sepupu saya di suatu tempat. Ngeces dari semalam, dan hari ini saya jadi pingin buat lalapan/penyetan juga. Highlight dari lalapan/penyetan ini tentu saja dari sambalnya. Sambal yg paling pas, menurut saya ya sambal tomat. Resep dasarnya saya share di sini. Variasinya seperti tingkat kepedasan,penambahan terasi atau jeruk limo, itu sesuaikan dengan selera. Semoga bermanfaat!

Bahan:
1 buah tomat matang berukuran besar
5 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
Garam dan gula secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan. Panaskan minyak, lalu tumis semua bahan kecuali garam dan gula hingga harum.

2. Haluskan tumisan bahan tadi di cobek, lalu bumbui garam dan merica secukupnya.

3. Siap disajikan. Cocok sekali untuk teman makan ayam goreng, tempe tahu goreng, aneka gorengan, sayur lodeh, dan sebagainya. Selamat mencoba!

Comments