Sayur Beku Serba Guna

Saya suka sekali membekukan makanan. Entah itu masih berupa barang mentah atau sudah matang. Dengan dibekukan, makanan menjadi tahan lebih lama tanpa mengurangi nutrisinya. Salah satu yang paling sering saya bekukan adalah sayuran potong.

Sayur potong ini bisa dicustom sendiri sesuai selera. Kadang-kadang saya siapkan wortel campur kacang panjang, wortel buncis, wortel kacang polong, wortel edamame, atau wortel jagung manis. Preparasinya sederhana, bisa dilakukan pada saat senggang. Namun penggunaannya serba guna, menghemat waktu, praktis dan tetap higienis.



Yang membuat saya bahagia adalah saat harga wortel sedang murah, saya akan langsung beli lumayan banyak, langsung saya potong-potong dan bekukan. Mengingat harga sayur naik turun, apalagi wortel import dan buncis merupakan dua jenis sayuran yang harganya sering naik turun signifikan.

Sebenarnya di supermarket sudah ada sayur potong beku seperti ini. Harganya bervariasi dari 25ribu ke 30 ribu rupiah per 500 gramnya. Tapi tahukah anda, jika kita beli sayur di pasar dan membuat sayur potong beku sendiri, dengan 25ribu kita bisa menghasilkan sayur beku sebanyak lebih dari 1 kg. *beli sayur di pasar seringnya jauh lebih murah daripada di supermarket. Jadi, lebih hemat sekitar 50%. Lumayannnn!

Lalu, sayur beku ini bisa dibuat apa? Saya pribadi suka pakai sayur ini untuk membuat campuran nasi goreng, mi goreng, aneka sup, bakwan, campuran creamy pasta, campuran kari Jepang, dan masih banyak lagi.



Cara menyiapkannya:
1. Siangi/kupas sayuran yang akan dibekukan. Lalu cuci bersih dan tiriskan.
2. Potong-potong bentuk kubus kecil, lakukan hingga habis. Untuk ukurannya sesuaikan dengan selera masing-masing. 



3. Masukkan ke dalam kotak kedap udara, usahakan minimal hanya terisi 3/4-nya, jangan sampai terlalu penuh.
4. Kocok2 kotak tadi setelah 1 jam, lalu ulangi 3 jam berikutnya.
5. Cara lain adalah membekukannya di atas loyang, lalu pindahkan ke kotak kedap udara setelah seluruhnya beku. 
6. Sayuran beku siap digunakan kapan saja!

Comments