Roti Tawar Mudah

Sudah hampir lima tahun terakhir saya tidak lagi membeli roti tawar di toko, selalu membuat roti saya sendiri. Roti tawar sudah menjadi kebutuhan pokok di dapur saya, karena anak dan suami selalu sarapan dengan roti. Meski banyak variasi roti tawar di luar sana, saya selalu setia dengan resep Killer soft bread, karena praktis, hemat waktu karena hanya perlu proofing satu kali, dan anti gagal. 
Berikut ini resepnya ya.

Bahan:
260 gr terigu cakra
30 gr gula pasir
1 sdt ragi instan
1 butir telur utuh, pecahkan telur di atas timbangan lalu tambahkan air hingga berat totalmya 180 gr
2 gr garam
30 gr mentega tawar

Cara membuat:
1. Campur terigu, gula, ragi, dan campuran telur dan air. Uleni hingga kalis. Tandanya, adonan tidak lengket di mangkuk.
2. Tambahkan garam dan mentega, uleni kembali hingga kalis elastis. Jangan lupa tes windowpane. Caranya, ambil sedikit adonan lalu perlahan-lahan tarik dan bentangkan. Jika terbentuk membran tipis tanpa sobek dan adonan lentur, artinya sudah siap.
3. Siapkan cetakan roti tawar (boleh terbuka/tertutup), olesi dengan margarin. Saya pakai loaf pan ukuran 10x10x20.
4. Karena loaf pan saya kecil, saya ambil 80% adonan. Bagi 3, lau bulatkan. Tata ke dalam loyang. Sisanya yang 20% saya goreng jadi donat 4 biji. 
5. Istirahatkan adonan hingga mengembang. Jika memakai loyang tertutup, cukup hingga 80% dari tinggi loyang.



6. Panaskan oven, panggang roti dalam sugu 180 derajat selama 45 menit. Angkat dan dinginkan di rak kawat.



7. Potong-potong sesuai selera. Riti tawar ini tahan 3 hari dalam suhu ruang, biasanya saya hanya ambil secukupnya untuk 3 hari, sisanya saya simpan di kulkas atau freezer supaya tahan lama. 



8. Penyajian roti yang beku, tinggal dipanaskan saja di oven atau panggang di wajan tanpa minyak. Roti bisa dioles butter/tidak, sesuai selera.

Selamat mencoba!

Comments