Jamu Kunyit Asem Praktis

Suka minum jamu, terutama jamu kunyit asem? Rasanya segar dan enak, sejak tahu cara membuatnya, saya jadi sering membuat sendiri, terutama saat mendekati datang bulan. Problemnya adalah, tangan menjadi kuning jika harus membuat jamu secara manual dengan umbi kunyit yang diparut. Cara lainnya bisa dengan cara memblender kunyit, tapi cara inipun saya hindari karena noda kuningnya menempel di gelas blender. 

Cara paling mudah yang saya pakai adalah pakai kunyit bubuk. Memangnya enak? Saya akui rasanya memang tidak sepekat kunyit adli, tapi menurut saya layak juga dicoba dan rasanya juga lumayan enak kok. Oh ya, supaya tidak bernoda kuning, saya menggunakan panci berbahan keramik. Jadi, ini resepnya:



Bahan:
1 bungkus kunyit bubuk (ukuran 10 gr)
1 bungkus asam jawa, rendam dengan air 100 ml selama satu jam, remas-remas.
1/2 batok gula merah, sisir halus.
Sejumput garam

Cara membuat:
1. Campur semua bahan, tambahkan 700 ml air. 
2. Masak ramuan kunyit hingga mendidih. Aromanya menguar kemana-mana. Sedappp!



3. Dinginkan, lalu saring. Diamkan dulu jamu supaya endapannya mengendap.
4. Simpan di kulkas. Disajikan dingin lebih segar.

Selamat mencoba!

Comments