Cara Hemat Memasak Ubi Kukus

Anak saya suka sekali ubi rebus. Biasanya ubi saya kukus di steamer atau panci pengukus. Memang tidak membutuhkan waktu lama, hanya 10 menit saja dijamin ubi matang sempurna. Asalkan potongan ubi tidak terlalu besar. 

Pagi tadi, saya ingin mengukus ubi untuk putri saya, tapi membayangkan harus mencuci steamer, mengeringkan, mengelap lalu mengembalikan steamer ke lemari di atas membuat saya hampir mengurungkan niat. Sayapun iseng memasak 2 buah ubi bersama beras di dalam rice cooker. Dan berikut ini hasilnya...



Rupanya, ubi bisa dimasak bersama beras di dalam rice cooker. Tekstur ubinya sama saja dengan yang dikukus. Ubi juga tidak semburat ke nasi. Nasinya juga baik-baik saja, tidak bau ubi. 
Jika tertarik memasak ubi hemat gas dan listrik ini, caranya mudah saja. Seperti biasa kupas, potong-potong ubi, dan cuci bersih. Letakkan potongan ubi tadi di atas beras yang telah terisi air. Jumlah airnya tambahkan ekstra sedikit, misalnya 10-20 ml. Lalu pencet cook seperti biasa. 



Setelah nasi matang, ambil ubinya, dan aduk nasinya. Mudah, bukan? 

Selamat mencoba!

Comments