Ayam Asam Manis Praktis

Bosan dengan menu ayam yang itu-itu saja? Bagaimana jika ayamnya diolah menjadi ayam goreng saus asam manis? Bahannya murah dan cara buatnya juga mudah. Jika males ribet-ribet, bisa juga pakai tepung bumbu siap pakai dan saus asam manis jadi. Tinggal goreng ayamnya, balurkan ke saus, dan jadi deh! Tapi jika tidak ada, masih bisa kok buat sendiri. Berikut resepnya.


Bahan:
1/4 kg dada ayam, potong kotak atau sesuai selera
5 sdm tepung terigu protein rendah (misal kunci biru)
Sejumput garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk

Bahan saus:
3 sdm saus tomat
Sedikit irisan wortel/nanas/mentimun atau ketiganya
1 sdt tepung maizena
1 sdt cuka (boleh ditambah)
Gula secukupnya
Sejumput kaldu ayam

Cara buat:
1. Campur tepung terigu dengan garam, lada dan kaldu ayam. Aduk hingga rata. Ambil 1 sdm campuran tepung, masukkan ke dalam mangkok lalu larutkan dengan 1/4 gelas air. 



2. Celupkan ayam di larutan tepung, gulingkan di tepung kering. Ulangi 3x, lalu goreng hingga kuning keemasan. Angkat, sisihkan.


3. Untuk saus, masukkan saus tomat, bumbui cuka, gula dan kaldu ayam. Tambahkan sedikit air, dan tambahkan pula irisan sayuran. Aduk-aduk hingga sayuran layu. *Saya hanya pakai wortel, jika punya mentimun dan nanas lebih sedap jika ditambahkan.



4. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air, lalu masukkan ke saus. Aduk lagi hingga mengental. Cicipi, pastikan asam dan manisnya sudah pas. 
3. Masukkan ayam goreng ke dalam saus, aduk rata. Hidangkan panas.



Selamat mencoba!

Comments