Telur Rebus Express ( 5 menit)

Dulu saya suka deg-degan tiap pagi setiap kali nanya suami mau dibuatin sarapan apa hari itu. Kalau jawabannya egg sandwich, saya suka lemes duluan. Bahan utama egg sandwich ini sesuai namanya yaitu telur yg direbus hingga matang, istilahnya hard boiled egg. Bukan kenapa sih bu ibu... rasanya sayang gitu ya merebus telur sebiji lamanya 15 menitan. Boros gas dan waktu. Mending kan kalo ngrebus telurnya banyak sekalian. Di Facebook ada yg membagikan cara merebus telur pakai ricecooker selama 2 menit, tapi pas saya praktekkan tidak berhasil. Saya masaknya sampai 20 menit malah di ricecooker, tapi telurnya masih runny. Sampai suatu hari suami menerjemahkan artikel kitchen hack dalam bahasa Jepang tentang cara merebus telur selama 5 menit saja tanpa ricecooker dan telurnya bisa matang sempurna. Saya sudah berkali2 coba cara ini dan selalu berhasil. Jumlah telur yg saya masak maksimal 4 berdasarkan eksperimen pribadi, dan berhasil.


Note: saya lupa foto telurnya saja yg sudah matang jadi saya pakai foto lama soto ayam dengan telur rebus. Itu telurnya direbusnya pakai cara ini juga kok.

Bahan:
 - telur ayam ( maksimal 4 biji)
- Air secukupnya

Peralatan:
- Wajan besaerta tutupnya
- timer

Cara membuat:

1. Letakkan telur di dalam wajan, beri air setinggi kira-kira 1 cm. Tutup wajannya.


2. Nyalakan kompor, masak dengan api besar sekitar 2 menit, lalu kecilkan api, masak kembali selama 3 menit. matikan apinya, dan biarkan panci masih dalam keadaan tertutup di tungku yang sama. Diamkan 9 menit.

3. Setelah 3 menit, bilas dengan air dingin dan kupas seperti biasa. 9 menit ini hasil telurnya matang tapi tidak terlalu matang sampai kesat sekali kuning telurnya. Dalam artian, sebagian kecil kuning telurnya hampir matang tapi masih creamy 9nah, bingung saya jelasinnya gimana). kalau mau telur yang benar-benar matang sempurna, masa tunggu bisa ditambah dari 9 menit ke 12 menit. Selamat mencoba!!!

Comments