Brownies 3 SDM

Brownies satu ini lagi hit di grup masak di Facebook sebulan terakhir. Saya sendiri sebenarnya bukanlah penggemar cokelat, namun karena melihat bahannya yang irit dan melihat cara membuatnya yang super super gampang, tergoda jugalah saya untuk membuatnya. Rasanya? Lumyan lah... teksturnya empuk dengan rasa cokelat yang nyoklaat banget. Rasa bisa sedikit dimodif ya, kalau kurang suka rasa coklat yang terlalu pekat cenderung pahit, maka takaran coklat bisa dikurangi. Oke, langsung ke resepnya yuk:

* Saya dapat resepnya dari sini


Bahan:
- 3 sdm tepung terigu serba guna
- 3 sdm gula pasir
- 3 sdm minyak
- 3 sdm cokelat bubuk (silahkan dikurangi kalau tidak suka coklat yang terlalu pekat)
- 3 sdm air hangat
- 1 sachet susu kental manis cokelat (sekitar 30 ml)
- 1/2 sdt soda kue
- 1 butir telur

 Cara membuat:
- Campur bahan kering, masukkan bahan cair, aduk hingga rata.
- Kukus dengan api sedang selama 15 menit.

Tips:
- Api jangan terlalu besar supaya permukaan brownies tidak brgelombang.
- Tutupi tutup kukusan dengan serbet supaya tidak ada uap air jatuh ke permukaan brownies
- Saya menggunakan wadah tupperware untuk mengukus. Usahakan pakai wadah kecil saja, kira-kira 2 x volume adonan. Jika wadah/loyang terlalu besar, hasilnya akan seperti milik saya, mngembang tengahnya saja, pinggirnya tidak mengembang.
- Jika mau bikin banyak, jumlah bahan dalam resep tinggal dikalikan saja.







Comments