Dorayaki

Baru-baru ini saya lagi demen-demennya dengan milis masak-masak bernama Cookpad. Banyak variasi resep dari lokal sampai internasional, kadang-kadang nemu resep langka dan sering pula ada yang memodifikasi resep. Pokoknya komplit!

Sayapun mulai iseng me-re-cook beberapa resep yang ada di Cookpad dan ternyata berhasil, hasilnya enak dan cantik. Kue Dorayaki yang mau saya share berikut ini salah satunya.

Dorayaki sendiri merupakan kue khas Jepang semacam pancake yang diisi dengan pasta kacang merah (azuki). Kalau pernah nonton film kartun Doraemon, pasti sudah tidak asing dengan kue Dorayaki ini karena kue ini adalah kue favorit si robot kucing super canggih itu.

Penasaran seperti apa rasanya? Yuk, bikin dulu kuenya. Gak susah kok. Resep hasil re-cook dari Cookpad dengan sedikit perubahan. Sumbernya bisa dilihat di sini :

Bahan:
2 butir telur
80 gram gula pasir
1 sdm madu
130 gram terigu
1/2 sdt soda kue
50 ml susu cair

Cara membuat:
Kocok telur, gula dan madu hingga agak pucat. Saya pakai whisk saja.
Masukkan tepung terigu dan soda kue, aduk dengan whisk hingga rata.
Tambahkan susu cair dan aduk hingga adonan lembut dan tidak bergerindil.
Panaskan wajan datar anti lengket, kecilkan api sekecil mungkin. Tuang adonan dengan sendok sayur.
Tutup wajan, biarkan hingga terbentuk pori-pori. Balik kue dan biarkan sisi lainnya matang kecoklatan.

Penyelesaian:
Ambil 2 buah dorayaki, isi salah satunya dengan pasta kacang merah. Tangkupkan dengan dorayaki yang lain. Rapikan sisi-sisinya.
Sajikan hangat lebih nikmat...!


Catatan:
1. Saya sarankan menggunakan wajan anti lengket tanpa harus mengolesi minyak. Pengalaman pribadi wajan saya olesi minyak malah tidak cantik hasilnya dan warna kue tidak coklat merata.
2. Resep pasta kacang merah sendiri bisa dilihat di sini.
3. Waktu saya ke Jepang awal tahun ini, saya sempat ke prefektur Gunma yang memiliki makanan khas Dorayaki dengan isian fresh cream yang dicampur dengan pasta kacang merah. Uenak!
4. Kalau mau yang praktis, kue dorayaki bisa pakai tepung pancake siap pakai.

Comments