Cornish Pasties

Ceritanya hubby lagi nyidam British food yang gak ada dijual di Bali. Namnya Cornish Pasty, makanan khas Cornwell, Inggris. Googling sana sini, Cornish Pasty ini 'ternyata' hanya semacam pie isi daging sapi dan sayuran, yang bentuknya mirip kue pastel kalau di Indonesia.

Lagi lagi saya googling kesana kemari resep si English Pie ini, sampai saya pantengin pula videonya di Youtube, dan hampir kesemuanya mensyaratkan lard, semacam lemak babi sebagai bahan utama pembuatan pasty ini. Saya sudah hampir mundur karena saya tidak bisa pakai lard karena tidak halal. Suami juga baru tahu kalau kulit pie dalam Cornish pasty ini memakai lemak babi. Syukurlah dia mau mengerti, dan berhenti merengek. Saya? Lanjut googling, dan at last menemukan resep pasty yang hanya menggunakan butter.

Ternyata eh ternyata, butter itu tidak bisa menggantikan lard. Buktinya, adonan pasti saya soft sekali, setengah mati susah dibentuk, dan ketika matang dipanggang... Aroma yang keluar lebih mirip aroma biskuit daripada pastry! Sayapun kesal karena usaha saya sia-sia.


Tapi eh tapi, saya masih belum sepenuhnya menyerah. Pagi tadi saya coba mneggunakan adonan kulit pie untuk kulit pastel, dan hasilnya cantik. Renyah, garing, dan oil-free, kalau dibandingkan pastel versi goreng. Sayapun songong menyebutnya pastel daging versi panggang *ngaco.

Baiklah, kalau anda tertarik membuat 'Cornish Pasty dijamin halal' ala saya, berikut ini resepnya:

Bahan Pie:
250 gr tepung terigu protein rendah
60 gr mentega
100 ml air
Sedikit garam

Bahan isi (campur saja semua jadi satu)
1 buah kntang ukuran sedang, potong dadu
1 buah wortel kecil, potong dadu
200 gr daging sapi giling (bisa juga pakai yg potong dadu kecil-kecil)
1 sdm merica hitam (bisa disesuaikan dengan selera masing-masing)
1 sdt kaldu sapi bubuk
1 sdt garam
Butter secukupnya ( untuk tambahan saja, tidak perlu dicampur ke dalam adonan)

Cara membuat:
1. Didihkan air, angkat. Masukkan mentega, aduk hingga cair. Tambahkan garam, biarkan hingga hangat.
2. Tuang mentega cair tadi sedikit demi sedikit ke tepung terigu. Uleni hingga licin. Istirahatkan 20 menit.
3. Ambil adonan secukupnya, pipihkan dan bentuk menjadi bulatan kulit yang setebal kurang lebih 5mm ( saya bentuk pakai piring kecil), atau dimensi sesuai selera. Isi dengan adonan isi, tambahkan sedikit butter, lalu tutup kulit membentuk pastel (dalam hal ini, maaf saya kurang ahli, bentuk sesuka hati saja ya?)
4. Beri lubang di bagian atas pie supaya uap bisa keluar dari daging dan sayuran. Panggang di oven suhu 180 derajat selama 30 menit atau sampai kulit berwarna kecoklatan dan matang.



Suami bilang, Cornish pasty modifikasi ala saya lebih enak loh. Dagingnya lebih banyak, butter lebih terasa, dan kulitnya tidak berminyak. 

Ada yang mau nyoba?


Comments