Nasi Gule

Saya dan suami adalah penggemar sate dan gule. Suami saya sukanya makan pakai nasi, sedang saya suka pakai lontong. Nasi atau lontong mah, sama enaknya. Beli gule dan satenya gak pernah pindah-pindah tempat, ada bapak-bapak tua yang jualan setiap hari di ujung jalan. Kalau bapak itu gak jualan, saya dan suami ogah lah nyari tempat lain buat beli sate dan gule. Saya jadi pingin tahu ya apa bumbu gulenya si bapak itu kok bisa sedap dan enak :)

Porsi yang kami pesan tidak pernah berubah, biasanya 1 porsi gule, 1 porsi sate ayam, dan satu porsi sate kambing. Lalu makannya kami bagi berdua karena kalau masing-masing 1 porsi jadinya kebanyakan. Lama kelamaan, saya ngerasa kok gulenya begini-begini saja, ya. Sayapun bereksperimen membuat nasi gule, yang asalnya ya dari gule jadi yang sudah saya beli.

Bahan:
  1. 1 porsi gule (kalau ditakar, biasanya sekitar 1,5 cup beras)
  2. 1,5 cup beras
  3. 1 porsi sate ayam/kambing
  4. Mentimun, potong-potong
  5. Bawang goreng secukupnya
Cara Membuat:
  • Cuci beras, masukkan ke dalam rice cooker. Masukkan gule beserta isinya.
  • Kalau tidak pakai rice cooker, bisa juga diaron lalu dikukus. Airnya diganti dengan kuah gule.
  • Tambahkan kaldu bubuk dan garam, seimbangkan rasanya. Kalau mau ditambah ayam potong juga boleh.
  • Sajikan dengan irisan timun, bawang goreng dan sate.
 

Suami saya doyan sekali dan sejak saat itu, dia selalu makan gule model begini.

Comments