Kurimu Shitu (Japanese White Stew)

Sebenarnya saya pernah membuat white stew ini tahun lalu, waktu itu suami yang masak, pakai beef. Berhubung saya kurang suka dengan yang krim-krim blenek begini, saya masih punya stok stew bloknya namun masih tersimpan dengan cantiknya di kulkas hingga siang tadi.

Oh ya, bagi yang belum tahu, cream stew ini adalah sejenis cream soup yang dikentalkan dengan adonan sejenis roux. Belakangan, karena keseringan membuat makanan dengan saus keju, saya jadi nyadar bahwa ternyata saus yang digunakan untuk white stew ini ya saus keju yang sudah sering saya posting (resep saus keju bisa dilihat di sini), dengan versi yang lebih encer. Berhubung saya masih punya stew blok-nya, resep kali ini saya buat dengan stew blok yang saya modifikasi dengan tambahan keju dan cooking cream (resep asli hanya menambahkan susu). Berikut penampakan stew blok yang saya maksud, maaf ini bukan gambar original alias ngambil dari blog tetangga (sumbernya dari sini) karena bungkus stew blok saya sudah masuk ke tong sampah.


Berikut resep modifikasi a la saya:

Bahan:
  • 1 bagian (isi 6 blok) white stew block (bisa dibeli di Papaya)
  • 150 gr daging ayam fillet, potong-potong
  • 100 gr brokoli, potong per kuntum
  • 1 buah kentang, potong kotak
  • 1 buah wortel, potong kotak
  • 200 ml susu cair
  • 50 ml cooking cream (atau sesuai selera)
  • 50 gram keju cheddar parut (atau boleh ditambah)
  • 1/2 bagian bawang bombay, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdm margarin untuk menumis
  • Garam, lada, kaldu ayam secukupnya
Cara Membuat:
  • Lelehkan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan bawang bombay, tumis hingga berubah warna. Masukkan ayam, masak hingga ayam berubah warna.
  • Tambahkan wortel dan kentang, lalu tambahkan 50 ml air. Masak hingga wortel setengah matang.
  • Masukkan stew blok, aduk-aduk. Sup akan mengental, maka kecilkan api. Tambahkan susu dan cooking cream, lalu tambahkan keju parut. Aduk hingga keju larut.
  • masukkan brokoli, atur kekentalan sup dengan menambahkan susu jika diperlukan (kalau terlalu creamy bisa ditambahkan air). Sesuaikan rasanya dengan menambahkan garam, merica, dan kaldu ayam. Angkat dan sajikan.

 Versi Jepangnya, biasanya white stew ini disajikan dengan nasi putih panas, namun versi western-nya, biasanya disajikan dengan garlic bread. Yang mana saja, sama enaknya. Creamy and Yummy!!! 

Comments