Creamy Cheesy Sausages Macaroni

Ahaha postingan kali ini judulnya lebay begini, ya? Saya memang sedang lebay-lebaynya karena oven kesayangan rusak. Iya, itu oven tau-tau ngambek elemennya keempatnya gak mau nyala. Entahlah apa yang terjadi, yang bikin lebih dongkol, saya sudah siapin garlic bread including fondue-nya tinggal panggang rotinya saja. Untung suami saya orangnya gak rewel, oven gak ada ya terpaksa roti perancis yang keras itu saya toast saja sebisanya. Suami gak protes, sih. tapi saya yang masih kesel. Arrrggghhh!

Karena suami merengek minta dibuatkan es krim (iya, ini saya yang hamil tapi dia mulu yang nyidam), sayapun siap-siap bikin adonan susu dan stroberi yang nantinya mau saya bekukan. Y, beginilah es krim home-made kesukaan suami saya. Semua bahan sudah saya masukkan blender, tapi eh... ini blender juga kenapa sih pake mati segala. Saya kesel sekesel-keselnya.

Siang ini sebelum berangkat kerja, karena masih ngambek dengan oven dan blender yang tiba-tiba kompakan rusaknya, saya jadi tidak semangat masak. Tapi kesian liat suami, mana dia manjanya ampun, kalo gak disiapin ya gak bakalan makan. Iya, kaya anak-anak gini. Saya tanya mau makan siang pakai menu apa, dijawabnya dia mau yang cheesy-cheesy. Tuh, nyidamnya kumat lagi. Kalo inget yang cheesy-cheesy saya jadi inget gratin, tapi oven sedang rusak. Kalau tanpa dipanggang, enak gak ya? Sayapun memberanikan diri tapi pas lihat isi kulkas, ternyata saya sudah gak punya stok ayam. Yang ada hanya sosis. Ya uwis daripada ini sosis membusuk di kulkas, saya mainkan saja lah enaknya.

Bahan:
1. 200 gram pasta makaroni
2. 1/4 buah bawang bombay, cincang kasar
3. 2 Siung bawang putih, cincang halus
4. 4 buah sosis, potong-potong
5. 100 gram mentega
6. 200 ml susu cair
7. 200 gram keju, boleh yang cheddar, boleh quick melt. Parut
8. 1 sdm tepung terigu
9. Garam, Lada, Kaldu sapi, parsley kering

Cara membuat:
1. Rebus makaroni ke dalam air mendidih yang telah diberi sedikit minyak dan garam. Masak hingga al-dente. Tiriskan. Sisihkan.
2. Tumis Bawang putih hingga harum. Masukkan bawang bombay, tumis hingga bawang berubah warna. Tambahkan sosis. Bumbui garam, merica, dan kaldu sapi. Masak hingga sosis matang. Angkat, sisihkan.
3. Lelehkan mentega, tambahkan terigu. Aduk cepat hingga adonan licin. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Tambahkan keju. Aduk terus hingga adonan mengental.
4. Masukkan makaroni dan tumisan sosis ke dalam adonan saus. Aduk rata.
5. Tata dalam piring saji. Taburi parsley kering. Sajikan.



Meskipun gak pakai dipanggang, ini keju makaroni saya tetep enak kok... Kalau ada sayur lain semacam brokoli, jagung, atau wortel silahkan ditambahkan. Kalau mau sosisnya diganti dengan ayam atau beef juga monggo.

update: Saya bikin lagi dengan isian beruba ayam, brokoli, dan wortel dan ternyata hasilnya lebih cantik dan menarik. Anak-anak pasti suka. Berikut penampilannya:

Comments