Ayam Goreng Crispy Saus Lada Hitam


Sebenarnya saya ngasal saja membuat masakan satu ini. Suami saya ngajak makan di luar satu jam lagi, makan malam sekaligus belanja keperluan si kecil yang akhir-akhir ini senang sekali menendang :). Namun, karena bosan menunggu dia yang masih sibuk dengan pekerjaannya, jadilah saya iseng membuat masakan ini.

Stok kentang di kulkas sedang melimpah dan saya kepingin banget bikin mashed potato... Maunya sih bikin steak ayam, apalah daya saya tak punya ayam yang sesuai... Ya sudahlah, bikin ayam goreng sepertinya cocok juga kok disandingkan dengan mashed potato.

Ayam goreng crispy saus lada hitam:
Bahan:
  • 200 gram ayam tanpa tulang, potong-potong sesuai selera
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • Tepung terigu secukupnya
  • Garam dan lada secukupnya.
  • 2 sdm saus lada hitam
  • Lada hitam secukupnya
Cara Membuat:
  • Taburi ayam dengan garam dan lada secukupnya, diamkan sebentar.
  • Panaskan minyak. Celup ayam ke dalam kocokan telur lalu baluri dengan tepung terigu hingga rata. Goreng hingga kecoklatan.
  • Untuk sausnya, saya pakai yang sudah jadi. tinggal dilarutkan dengan air panas dan tambahkan lada hitam sesuai selera. Kalau mau buat sendiri, bisa pakai saus tiram yang ditambahkan dengan lada hitam.
  • Sajikan panas dengan tumis sayuran dan mashed potato.
 
Tumis sayuran:
Bahan:
  • 5 Buah buncis, potong-potong
  • 1/2 buah wortel, potong korek api
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 sdm margarin untuk menumis
  • Garam, gula, minyak ikan, kaldu ayam, dan lada hitam secukupnya.
Cara Membuat:
  • Lelehkan margarin, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan sayuran, tambahkan sedikit air.
  • Bumbui dengan garam, gula, kaldu ayam, minyak ikan, dan lada hitam. Masak hingga syuran layu. Sajikan.
Untuk resep mashed potato, saya jadikan post terpisah dan bisa dilihat di postingan berikutnya, ya...
 

Comments