Japanese Beef Curry Rice

Dulunya saya kira, namanya kari itu melulu masakan India. Indonesia sebenarnya punya kari juga, dengan versi lain. Belakangan saya tahu, ternyata orang Jepang juga punya kari, loh. Yah, meskipun disesuaikan dengan lidah mereka yang kurang suka dengan masakan yang berbumbu tajam. Kari versi Jepang dibuat dengan menambahkan kari blok, jadi ini kari blok sudah jadi dan tinggal ditambahkan sebagai satu-satunya bumbu. Jenis kari blok sendiri sebenarnya ada banyak, namun yang umum dijual di supermarket bahan makanan Jepang di Indonesia biasanya yang bermerk Golden curry. Ada yang mild, medium, dan hot. Ada juga jenis Java curry namun bagi saya yang asli orang Jawa kok, ini kari gak ada rasa-rasa Jawanya sama sekali.berikut penampakan kari blok yang saya maksud:


Saya pribadi selalu menggunakan yang jenis Hot, meskipun saya masih menambahkan bubuk kari untuk menambahkan rasa. Jenis kari sendiri, yang umum dipakai adalah beef curry dan chicken curry. Waktu ke Jepang, saya sempat mencicipi kari lidah sapi dan rasanya 'oishii' sekali. berhubung saya gak tahu bisa beli lidah dimana, ya sudahlah saya bikin beef curry saja ya...

Bahan:
  • 250 gr daging sapi, potong dadu
  • 1 buah wortel ukuran sedang, potong dadu
  • 2 buah kentang ukuran besar, potong dadu
  • 1 bungkus kecil (4 blok) Golden curry yang jenis hot 
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar (boleh dipakai, boleh tidak)
  • Bubuk kari secukupnya (bisa dibeli di supermarket besar)
  • Kaldu sapi secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan juga bawang bombay. Tumis hingga berubah warna.
  2. Masukkan daging sapi, tambahkan air 250 ml. Masak hingga daging sapi berubah warna.
  3. Masukkan kentang dan wortel, tambahkan klaldu sapi, masak hingga daging hampir matang.
  4. Tambahkan kari blok dan bubuk kari, masak hingga mengental dan sapi matang. angkat.
  5. Sajikan dengan nasi putih panas.



Comments