Pumpkin Cream Soup

Saya suka sekali cream sup dari labu kuning karena perpaduan rasanya yang unik - manis, gurih, dan creamy- paling enak sih saat sore hari yang basah saat musim hujan, disaat di luar sedang dingin, soup nikmat ini menghangatkan suasana.

Sebenarnya  saya sudah dua kali membuat cream soup ini. Yang pertama saya gagal pertama karena blender saya rusak sehingga tekstur cream soup saya tidak halus. Kedua, karena saya lupa membeli cooking cream dan sebagai penggantinya saya memakai susu cair ( yang disarankan salah satu resep di google) dan ternyata cooking cream tidak bisa diganti dengan susu karena rasanya amat sangat berbeda. Ketiga, resep yang saya gunakan sepertinya menyesatkan, disebutkan untuk 500 gram labu kuning, komposisi bawang bombay yang digunakan adalah satu butir. Kenyataannya, saya menggunakan hanya setengah dan aroma bawang bombaynya masih terlalu kuat. Ah, sudahlah.

Berikut ini resep pumpkin soup kreasi saya belajar dari kesalahan pertama. Hasilnya memuaskan, pumpkin soup saya enak, tak kalah dengan buatan chef di hotel tempat saya bekerja. Hehehe..
Dan mari siapkan bahannya:
- 300 gram labu kuning, kupas, potong-potong
- 1/4 buah bawang bombay, cincang
- 100 ml cooking cream
- 1 sdm mentega untuk menumis
- 1 batang peterseli, cincang
- Garam, gula, dan merica bubuk

Cara Membuat:
- Lelehkan mentega, tumis bawang bombay hingga harum.
- Masukkan labu kuning dan tambahkan 100 ml air. Bumbui garam, gula dan merica. Masak hingga labu masak.
- Blender tumisan labu hingga halus. Tuang kembali ke dalam panci.
- Kecilkan api. Tuangkan cooking cream. Aduk rata. Angkat. Taburi dengan peterseli cincang dan sajikan dengan crouton atau garlic bread.

Cara membuat crouton:
Bahan :
- 1 buah roti Baguette ( roti berbentuk tongkat yang keras) atau bisa juga pakai ciabatta kalau mau membuat garlic bread. Atau memakai roti tawar biasa, jika ingin membuat crouton ( beda istilahnya saja)
- 3 Siung bawang putih, haluskan.
- 1 batang peterseli, cincang halus
- 2 sdm butter (yang salted/asin)

Cara membuat:
- Campur Bawang putih, peterseli dan butter. Oleskan ke permukaan baguette atau ciabatta yang telah dipotong-potong setebal kurang lebih 1 cm (ketebalan sesuai selera). Jika menggunakan roti tawar, maka potong menjadi 9 bagian (atau sesuai selera).
- Panggang hingga matang.

Taraaaa...!!!! Dan pumpkin soup yang nikmat beserta crouton (atau garlic bread)nya siap menemani sore romantis anda!

Berikut penampakan pumpkin soup dengan garlic bread:



Dan brikut penampakan pumpkin soup dengan crouton:




Mudah bukan? Yuk membuat pumpkin soup sendiri di rumah!

Comments

Post a Comment