Perkedel Jagung

Saya punya banyak stok jagung di kulkas dan belum diapa-apakan sejak seminggu yang lalu. Saya beli sekitar 10 buah karena kasihan dengan ibu- ibu penjualnya (fyi, saya belinya di daerah bypass sanur yang di pinggir-pinggir jalan itu). Niat awal beli 2 biji saja cukup karena mau buat corn soup, eh ternyata dari seminggu yang lalu jagung saya hanya berkurang 2 biji, selebihnya nganggur di kulkas dan kalau tidak diapa-apakan dalam dua hari saya perkirakan jagung saya akan membusuk dan masuk tong sampah.

Untungnya sore itu adik-adik saya main kerumah (mereka tinggal di daerah Jimbaran, satu jam perjalanan naik motor ke rumah saya). Sayapun punya ide untuk menyuguhkan perkedel jagung untuk teman makan sayur asem dan ayam goreng saya dan saya yakin mereka pasti suka.

Bahan perkedel jagung:
1. 5 buah jagung manis muda ukuran sedang, siangi, sisir bijinya.
2. 5 butir bawang merah
3. 3 siung bawang putih
4. 3 buah cabai rawit
5. 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
6. 1 butir telur, kocok lepas
7. 2 sdm tepung terigu
8. Garam, gula, dan chicken powder.

Cara membuat:
1. Masukkan 3/4 bagian jagung ke dalam gelas blender. Masukkan pula bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk, garam, gula, dan chicken powder. Blender hingga halus (boleh juga diulek kalau mau- pegelnya ampunnn!)
2. Tuang adonan jagung halus ke dalam wadah. Tambahkan telur, 1/4 bagian jagung, dan tepung terigu. Aduk rata.



3. Goreng perkedel jagung dalam minyak panas hingga kuning keemasan.



Dan perkedel jagung sayapun jadi idola sore itu; ludes dalam hitungan menit!

Inilah penampakan perkedel jagung saya yang sudah matang:


Note:
1. Saya hanya memblender 3/4 bagian jagung dan tidak semua bagian jagung untuk membuat tekstur jagung yang tidak monoton (orang Jawa bilangnya 'klethus-klethus' dari jagung yang tidak diblender tadi)
2. Saat menggoreng pertama kali saya hanya mengetes menggoreng dengan sendok kecil dan langsung saya cicipi supaya kalau rasanya kurang pas, saya bisa koreksi adonannya. Begitu dirasa pas, baru saya goreng keseluruhan.

Mudah dan cepat. Dan yang penting, enakkkk!!!

Comments