Lemper Panggang Isi Ayam

Jangan protes dulu... Memang di judulnya saya sengaja pasang lemper panggang dan bukan lemper bakar seperti lemper pada umumnya. Alasannya karena saya tidak punya alat untuk acara bakar membakar sehingga ovenpun saya berdayakan ^_^

Dibandingkan lemper 'biasa' menurut saya lemper bakar (atau panggang) lebih enak. Pertama karena ada aroma khas panggangannya, kedua karena daun pisang pembungkusnya juga jadi lebih cantik tampilannya, dan ketiga lemper terasa lebih sedap karena aroma daun pisang. Nyummy...

Dan marilah berempong ria membuatnya...
Bahan:
  • 250 gram beras ketan
  • 75 ml santan kental
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh, geprek.
Cara membuatnya:
  • Masukkan semua bahan ke dalam wadah rice cooker dan tanak hingga matang. Dinginkan.
Bahan isi:
- 200 gram dada ayam tanpa tulang, rebus hingga matang, suir-suir.
- 100 ml santan kental
- 2 butir kemiri
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- Garam dan gula
- 1 batang sereh, memarkan
- 1 lbr daun salam

Cara membuat:
1. Haluskan kemiri, bawang merah, bawang putih, gula dan garam.
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sereh dan daun salam, lalu masukkan ayam. 
3. Masukkan santan kenttal, masak hingga bumbu meresap dan santan habis.


Penyelesaian:
Ambil 2 sdm ketan, isi dengan ayam, lalu bulatkan. Bungkus dengan daun pisang (tekhnik membungkusnya terserah ya, karena saya tidak ahli bungkus membungkus lemper)





Langkah berikutnya adalah memanggang lemper. Idealnya sih itu lemper dipanggang  dengan bara, berhubung tidak punya panggangan ya saya masukkan saja ke dalam oven. Dan beginilah hasilnya.
Buat saya, versi yang dipanggang lebih sedap karena aroma daun pisang merasuk ke dalam ketan dan ada sedikit aroma terbakar. hhhmm.. nyummy...




Isinya kurang lebih seperti ini:


Dasar hubby saya kreatif, dia makannya seperti onigiri; lemper saya dibungkus pakai nori. Hahahaha


Kalau ada waktu dan bahan, membuat lemper panggang ini so fun kok. Sekali-kali bolehlah ya....


Comments