Donat Kentang

Hubby doyan sekali donat kentang. Gak pakek topping apa-apa, ya donat plain gitu aja. Belinya sih biasanya di Carrefour sunset road, hanya saja beberapa minggu terakhir si mbak-mbak penjual donat kentang sudah tidak kelihatan lagi. Mungkin sudah tidak berjualan karena sepi pembeli. Yah, donat kentang mbak-mbak itu kalah pamor dengan donat a la Jco atau Dunkin doughnut yang gerainya ada di mana-mana. Namun, hubby sukanya donat pakai kenttang, bukan donat a la francise luar negeri yang donatnya soft dan saking empuknya itu donat langsung kempes begitu digigit.

Karena kasihan dengan hubby yang lagi nyidam donat kentang, jadilah bermodalkan ingatan membuat donat dirumah beberapa tahun lalu dengan ibu plus googling sana sini,  saya berimprovisasi membuat donat kentang sendiri.

Bahan:
- 500 gr tepung terigui protein tinggi ( Cakra kembar)
- 50 gram susu bubuk
- 11 gram ragi instant
- 200 gram kentang
- 100 gram gula pasir
- 75 gram mentega
- 1/2 sdt garam
- 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:
1. Rebus kentang, lalu blender dengan sedikit air hingga halus. dinginkan.
2. Masukkan tepung, gula, ragi dan susu. Aduk rata. Tambahkan telur kocok dan bubur kentang, uleni hingga agak kalis.

3. Tambahkan garam dan mentega, uleni lagi hingga benar-benar kalis.



4. Istirahatkan adonan dengan ditutup kain basah. Diamkan 30 menit hingga mengembang. 
5. Setelah 30 menit, uleni kembali adonan selama 5 menit, lalu bentuk bulatan-bulatan. Alasi permukaan tempat untuk adonan dengan tepung terigu, dan istirahatkan kembali adonan selama 10 menit.




6. Beri lubang di tengah adonan, dan goreng dengan minyak panas. Donat siap dihias dengan topping sesuka hati.







Donat kentang yang di box itu saya bawa ke kantor. komen dari teman- teman, donatnya yummyyyy...! Yang bulat-bulat plain itu donat isi. Resepnya saya posting di postingan berikutnya yah. Selamat mencoba ^_^

Comments