Macaroni Gratin

Suatu hari saya ngobrol sama hubby, mengenai apa yang paling dia kangenin dari London, kota terlama yang dia tinggali selama ini. Tanpa berpikir, dia langsung jawab, "macaroni gratin!" Sayapun cari tahu apa macaroni gratin itu aslinya dari Inggris? Ternyata aslinya macaroni panggang ini berasal dari Itali dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan Inggris. Dan, dengan cemberut sayapun bertanya, "Lah, terus apa hubungannya dengan London?" Sumpah,ini pakai sewot. Dan dengan entengnya dia bilang, "Ada tempat jualan macaroni gratin yang enak gak jauh dari tempat tinggalku dulu di London. Cukup jalan kaki lima menit dari pengkolan."
Jiahhhhh!!!! Sayapun gemes pingin nyakar dia.
Gara-gara jawaban ngasal itu, plus nyari-nyari macaroni gratin di Bali dan gak nemu-nemu, finally dia bikin sendiri buat saya. Lumayan, enak juga ternyata. Dan yang penting, membuatnya tak sesulit yang saya bayangkan.

Bahannya:
- 150 gram macaroni, rebus sampai aldente, tiriskan.
- 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 200 gram ayam, cincang
- 100 gram brokoli (optional)
- 100 gram jamur kancing, cincang kasar
- Garam dan merica
- Keju cheddar parut sesuai selera

Bahan saus putih:
- 50 gram butter
- 4 sdm tepung terigu
- 400 ml susu cair

Cara membuatnya:
- Tumis bawang bombay, masukkan ayam. Tumis hingga ayam berubah warna. Lalu masukkan jamur dan brokoli, tambahkan garam dan merica, masak sampai matang.
- Lelehkan butter di penggorengan terpisah, lalu masukkan tepung terigu dan aduk cepat hingga tercampur rata. Masukkan susu sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan mengental.
- Campurkan macaroni, saus putih, dan tumisan ayam dan sayuran jadi satu. Aduk sampai rata. Tuang ke dalam loyang tahan panas atau loyang foil, taburi keju parut di atasnya, dan panggang sampai keju berwarna kecoklatan.

Jadi deh!

Dan berikut penampakannya:



Ada yang iseng mau nyoba?

Comments