Japanese Kroket

Kalau sedang belanja ke Papaya, hubby selalu maunya ngemil makanan yang sering dia makan waktu masih kecil dan hidup di Jepang. Salah satu favoritnya adalah beefu koroke, atau beef kroket. Penasaran, iseng-iseng siang tadi kami membuat sendiri kroket kentang dengan isian udang.
Berikut resepnya:
Bahan:
- 500 gram kentang, kupas, rebus hingga matang,lumatkan (dari sini saya sempat berantem dengan hubby karena saya maunya kentangnya dilumatkan pakai ulekan sedangkan dia maunya kentangnya dihancurkan pakai garpu- ya sudahlah saya mengalah)
- 200 gram udang kupas siap pakai, cincang kasar
- 100 gram wortel, potong dadu kecil, rebus sebentar, tiriskan.
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 siung bawang putih, geprek, cincang kasar
- 2 sdm margarin
- 2 sdm saos tiram
- 2 sdm kecap ikan
- 1 sdm bubuk kari
- lada, garam, gula secukupnya.
- 1 butir telur, kocok lepas
- 5 sdm tepung terigu
- Tepung panir

Cara membuat:
  • Lelehkan margarin, tumisbawang putih hingga harum. Masukkan bawang bombay, masak hingga layu.
  • Tambahkan wortel dan udang. Tambahkan garam, merica, dan gula. Masak hingga matang.
  • Campurkan tumisan udang dengan kentang lumat, tambahkan saus tiram. Hasilnya kurang lebih seperti ini:
  • Sampai sini ternyata Hubby minta adonannya dibagi menjadi 3, satu yang versi aslinya, satunya lagi pakai bubuk kari dan bagian terakhir pakai kecap ikan versi saya. Lets compete punya siapa yang paling enak!
  •  Selanjutnya, bentuk adonan sesuai selera. Punya saya saya bentuk bola-bola kecil mirip bakso, yang versi original saya bentuk sesuai kroket yang kami biasa beli di papaya, dan punya hubby dibentuk lonjong ^_^
  • Step selanjutnya, balut adonan kroket ke dalam tepung terigu, lalu gulingkan ke telur, baluri dengan tepung roti, dan goreng hingga matang.
  • Dan beginilah hasilnya...











Saya lalu iseng membawa kroket tersebut ke kantor. Tanggapan dari teman-teman, kroketnya enyakkk...! Dan sewaktu saya tanya mereka suka yang mana, versi saya dengan kecap ikan mendapatkan 2 suara, kari dengan 2 suara dan yang original juga 2 suara!




Comments