Homemade Pizza

Suka makan pizza di restaurant Italia? banyak sekali kafe dan restaurant (tak harus Italian restaurant) yang menyediakan pizza, mulai dari franchise barat seperti Pizza Hut, Papa Ron, Domino, you name it, lalu gerai bakery seperti Komugi, Bread talk, Bread Life, dan kawan'kawannya hingga supermarket sekelas Hypermart atau Giant, semua punya menu pizza. Pizza memang sedang menjadi tren dan mudah sekali ditemukan dima-mana karena memang rasanya yang lezat dan disukai segala umur. Tapi membuat pizza sendiri, pernah kepikiran?

Kali ini saya mencoba membuat pizza sendiri namun dengan pizza base yang sudah jadi (banyak kok dijual di supermarket). Next time saya akan coba membuat adonan pizzanya sendiri dan kalau hasilnya bagus, resep pasti saya share disini.

Jadi pertama siapkan dulu bahannya:
1. Bahan untuk saus:
  • 100 gram tomat kaleng (kalau mau membuat sendiri ya silahkan. caranya rebus tomat hingga matang, kupas kulitnya dan cincang halus)
  • 100 ml pasta tomat atau tomato puree, bukan saus tomat ya...(banyak dijual di swalayan)
  • 2 Siung bawang putih, geprek lalu cincang kasar
  • 1/2 sdt oregano
  • Chili powder atau paprika powder (ini pilihan saja. Kalau mau skip tidak apa-apa)
  • Garam
  • Lada
  • Olive oil untuk menumis
2. Bahan topping
  1. 100 gr Jamur shimeji, potong-potong
  2. 2 buah sosis sapi, potong tipis melintang
  3. 1/4 buah paprika merah, potong kubus
  4. Keju mozzarella
Untuk topping bisa disesuaikan dengan selera atau bahan apayang tersedia di kulkas ya...

Cara membuat:
1. Buat sausnya dulu. Caranya tumis bawang putih hingga harum dengan olive oil, tambahkan tomato puree dan tomat kaleng cincang. Aduk rata.
2. Tambahkan oregano, garam, chili powder dan lada. Lalu masak hingga air tomat menyusut dan saus mengental.
3. Siapkan kulit pizza, oleskan saus merata dan tata bahan toppingnya.


4. Taburi dengan keju mozzarella hingga rata


5. Panggang dalam oven selama 10 menit (atau sesuaikan dengan kebutuhan)
6. Voila! Pizzanya jadi deh! Tambahkan tabasco sauce (jika suka).






Rasanya lebih nyummy daripada pizza yang biasa saya makan di luar. Entah karena saya memang suka jamur shimeji atau sosis saya pakai yang sejenis bockwurtz atau karena mozzarella saya gak kira-kira. Suka-suka deh. Selamat mencoba dengan variasi topping lainnya!

Comments