Sosis Gulung Keju

Gara-garanya saya googling tentang variasi menu breakfast di google image dan saya nemu gambar sosis gulung keju. Versi aslinya sih, tidak ada penjelasan mendetail mengenai bahan dan cara masaknya. Keterangan seadanya itu bunyinya kira-kira gini , " gulung sosis dan keju dengan roti tawar, tepung roti, dan goreng". Dasar saya doyan improvisasi, resep itu saya modifikasi sedemikian rupa. Roti yang saya pakai adalah roti tawar kupas, lalu keju yang saya pakai ada dua jenis, yaitu keju cheddar dan keju mozzarella.

Resep kira-kiranya sih sudah ada di kepala, namun ketika saya obrak-abrik kulkas, saya nemunya roti tawar yang jenis wholemeal bread yang bertekstur coklat kasar itu. Apa bisa yah? Berhubung saya takut gagal, supaya aman, saya pikir mendingan pakai tawar kupas sajalah ya...

Saya kira, beli roti tawar kupas itu gampang. Kalau lagi pas gak nyari nih, mau di supermarket, minimarket, sampai toko kecil ada tuh roti. gilirannya lagi nyari, beuh... susah! Ini sih gara-garanya saya selalu ngegampangin sesuatu. Pas berangkat kerja siang, saya mikir, "Ah, beli rotinya ntar malem aja deh. Paling juga banyak di CK (Circle K) atau Alfamart...

Dan seperti biasa, pulang kerja saya jam 12 teng. Otewe kerumah, saya belok ke CK dekat kantor. Rotinya habis. Ya udinlah. Sepertinya harus ke Pepito. Nyampe sana...
Saya : Mbak, kok roti tawar kupasnya gak ada?
Mbak-mbak Pepito : Jam segini sudah habis, mbak. Besok pagi baru diantar lagi.
Saya : Yah....
Tiba-tiba seseorang nyelutuk : Ngidamnya kumat lagi ya, mbak?
ternyata mbak-mbak yang kemarin. Dengan muka asem, saya ngeloyor pergi. Asyem!

Jalan lebih jauh menuju ke rumah, saya berhenti di Minimart. Siapa tahu masih ada. Saya heran kenapa yah saya selalu bermasalah saat harus belanja bahan. Ada-ada aja cobaanya.
Di minimart, satu-satunya roti tawar yang ada bentuknya mengecewakan, plus saya nemu 3 ekor semut yang lagi asyik main petak umpet di dalamnya.
Mas-mas Minimart : Maaf mbak, tinggal satu saja. Coba mbak ke Indomaret di  depan itu. Sapa tahu ada.
Saya ngeliat Indomaret dari seberang. Terasnya rame penuh dengan sopir taxi yang lagi merokok bareng.
Saya : Males muter baliknya, mas. Bypass gini. Puternya kejauhan.
Mas-mas Minimart : Ngapain muter, mbak? Jalan aja kan gak jauh.
Berasa dittabok, saya ngeloyor ke Indomaret. Dan rotinya ada! Yeay! Thank you mas Minimart... you are right this time!

Pagi ini, saya siapkan kembali bahan-bahan yang diperlukan dan mulai memasak.
- 6 Slice roti tawar kupas, saya pipihkan. Kalau gak punya rolling pin, bisa pakai botol kaca atau gelas kaca silinder. Yang penting musti pipih dan padat, karena kalau masih berongga, saat digoreng roti akan menyerap banyak minyak.
- 3 buah sosis, boleh deh rasa apa saja. Versi saya pakai bockwurst.
- Keju cheddar. Kalau gak ada, bisa pakai keju cheddar olahan seperti Kraft singles.
- Keju mozzarella. Bisa diganti dengan keju Kraft quick melt. Yang penting bisa leleh!
-1 butir telur, kocok lepas.
- Bread Crumb atau tepung roti
-Minyak goreng.

Cara masaknya:
- Susun keju di atas roti, lalu susun sosisnya. Gulung pelan-pelan sambil dipadatkan. Rekatkan ujung roti dengan telur.
- Celupkan sosis gulung ke dalam telur kocok, lalu lumuri tepung roti.
Dan beginilah kira-kira hasilnya.



Kalau sudah digoreng, kira-kira begini nih jadinya.


Karena ada dua versi, ini yang pakai keju cheddar. Rasa kejunya tidak terlalu kuat, tapi teksturnya lembut. 


Nah, yang satunya lagi pakai keju mozarella, kejunya leleh di dalam. Rasa kejunya nendang banget, tapi rasanya agak terlalu asin buat saya. Teksturnya moist dan lumer di mulut.


Overall, hasilnya tidak mengecewakan. Lumayan lah buat teman minum kopi sachetan sambil nonton piala dunia. Happy deh saya, Jerman menang 4-0 lawan Portugal semalam, meski gak tega juga liat mukanya Leonardo yang ganteng  itu terlihat stress banget karena kebobolan 4 gol. Lah, malah ngelantur...

Eniwei as you can see resep ini sudah saya coba di dapur saya sendiri. Segala bentuk kegagalan dalam mencoba resep ini silahkan ditanggung sendiri. Para ahli kuliner, masih dilarang komen yang bukan-bukan.

Terimakasih.

Comments