Mie Goreng Ayam

Gara-garanya, bangun tidur tadi saat saya buka kulkas, pandangan mata saya tertumbuk pada tauge berumur tiga hari yang tinggal separuh. Kalau hari ini tidak dimasak, pastilah akan membusuk. Sayang kalau harus dibuang sia-sia. Meski tak lagi segar dan ada beberapa bagian yang tidak layak dikonsumsi, saya mulai memutar otak kira-kira tauge ini bisa diapakan. Saya cari bahan lain yang kira-kira matching dengan tauge. Ada ayam di freezer. Lalu masih ada wortel sisa buat kari ayam kemarin. Aha! Mie goreng ayam sepertinya pilihan yang tepat.

Pertama, saya siapkan bahan-bahannya.
-2 bungkus mie telor (300 gram) merek burung Dara kalau saya tidak salah.
- 1/2 buah wortel, saya potong korek api.
- 1 buah cabai merah besar, saya buang bijinya, lalu saya potong korek api tipis-tipis.
   (Sebenarnya ini cabe merah buat garnish saja, supaya mie saya sedikit berwarna)
- 2 paha ayam (karena hanya itu yang tersisa). Saya fillet lalu saya potong dice kecil-kecil supaya cepat matang.

- 1/2 pack tauge, saya siangi dengan air bersih sampai 5x untuk memisahkan tauge yang masih bagus dan sebagian akar yang membusuk.
- Bawang putih 3 siung, saya geprek sedikit lalu saya cincang
- 1/2 biji Bawang bombay, saya cincang kasar.
- Bumbu Nasi goreng pedas merk Indofood (karena saya gak bisa bikin bumbu sendiri, hehehe)
- Minyak goreng untuk menumis.

Well, sekarang mari mulai.
-Untuk mienya, saya didihkan air, saya kasih minyak sedikit dan garam. Rebus sampai mengembang, lalu tiriskan dan tuangi sedikit minyak supaya mie tidak menggumpal.
- Saya panaskan minyak, lalu tumis bawang putih sampai harum. Kalau wanginya sudah keluar, selanjutnya saya masukkan bawang bombay, saya tunggu hingga layu.
- Yang selanjutnya masuk adalah ayam. Saya aduk-aduk saja terus sampai ayamnya setengah matang.
- Ketika ayam mulai berubah warna, saya masukkan cabai dan wortel yang sudah saya iris-iris. Tunggu sampai ayamnya matang dan sayurannya layu.
- Kini giliran buumbu nasi goreng yang masuk. Biarlah bumbu nasi goreng, saya kira kok rasanya ya sama saja dengan nasi goreng. (Blah!). Saya aduk-aduk terus sampai bumbunya tercampur rata, baru saya masukkan mie-nya.
- Kalau mie sudah tercampur bumbu, terakhir saya masukkan tauge. tak usah lama-lama karena saya suka tauge yang masih krenyes-krenyes.
Jadi deh!

Mau lihat penampakan pas sudah matengnya kaya gimana?




Taraaaaaa!!!!!!
Rasanya lumayan lah.. gak malu-maluin.
*Note : Bagi ahli masak, chef, dan ahli-ahli kuliner disana dilarang mencela atau berkomentar yang enggak-enngak. Ini asli kreasi saya sendiri. Meski masih pakai bumbu sachet-an.
Heheehehe...


Resep ini sudah teruji di dapur saya sendiri.





Comments