Baked potato with Cheesy Chicken

Gara-gara terkesan dengan chicken cordon bleu buatan saya kapanlalu (cieh!).  Hubby saya ngasih saya hadiah, oven baru! Ulasan mengenai chicken cordon blue yang benar-benar 'sesuatu' itu (saking 'sesuatu'nya diasampe hampir makan tusuk gigi yang ngumpet di sela-sela ayam) bisa diintip disini.
Entah ini pacar saya maksudnya apa. Nantangin saya kali supaya saya bikinin dia makanan yang di-bake, secara dia sedang dalam program diet dan saya demennya masak yang deep fried mulu.

Yah, biasalah, namanya juga barang baru, sayapun lagi norak-noraknya dengan oven baru saya. Mulailah saya googling, kira-kira apa yang bisa dimasak disesuaikan dengan isi kulkas saya.
Karena niat saya mau ngabisin ayam sisa kemarin, sayapun nemu resep baked potato yang kemudian (seperti biasa) saya modifikasi.

Bahannya:
- 2 Buah kentang ukuran sedang, sekitar 300gr
- 100 gr dada ayam, potong dadu
- 1 lembar smoked beef, potong-potong
- 1/2 buah wortel, sekitar 50gr, serut kasar
- Keju mozzarella dan keju cheddar secukupnya
- 100 ml susu
- 1 Butir telur ayam
- 2 siung bawang putih, geprek, cincang
- 1/2 buah Bawang bombay, incang kasar
- Garam, merica, oregano
- Mentega untuk menumis

Cara buatnya:
- Rebus kentang sampai matang, kupas, lalu lumatkan (ingat ya, pakai sepenuh emosi. Bayangin Hubby anda ketahuan selingkuh sehingga hasil lumatannya bagus).
- Panaskan mentega, tumis bawang putih sampai harum. Lalu masukkan bawang bombay sampai layu.
-Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
-Bumbui dengan garam, merica dan oregano. Garamnya jangan terlalu banyak, karena mentega sudah cukup asin.
- Masukkan tumisan ayam ke dalam kentang. Tambahkan smoked beef dan wortel. Campur rata. Terakhir, masukkan telur yang sudah dikocok. Tambahkan keju cheddar parut dan potongan mozzarela, aduk sampai rata. (Sebenarnya saya sudah siapkan susunya, tapi berhubung saya lupa itu susu kapan dibeli, pas saya cicipi ternyata sudah basi!)
- Masukkan ke wadah aluminium foil, taburi lagi dengan parutan keju cheddar. 
- Panggang di oven suhu 180 selama kurang lebih 15 menit.

Voila! Dan beginilah hasilnya.

Gara-gara susu saya basi, hasilnya jadi kurang moist. berikut penampakan dalamnya.

Meskipun tidak 100% berhasil, setidaknya saya tidak gagal juga. Hasilnya enak, hubby saya suka dan saya berharap next time dia kasih saya hadiah mixer (ngarep!)

Seminggu kemudian saya mencoba bikin lagi dengan tambahan susu dan daun seledri cincang. Hasilnya seperti yang saya harapkan. So moist dan enyakkkk!!! Berikut penampakannya:


(Kali ini saya sengaja mematikan api atas oven saya setelah proses memanggang berlangsung sekitar 15 menit takut lapisan kejunya gosong). Hasilnya lebih manis, kan?
Well, resep ini sudah diuji di dapur saya. Kalau mau nyoba, pastikan susu di kulkas anda tidak basi ya. 

Dan, para ahli kuliner dan antek-anteknya di luar sana masih dilarang komen yang bukan-bukan.
Terimakasih.


Comments